Ini Beliau 5 Pengganti Tepung Terigu Yang Sehat Dan Bergizi

Anda suka mengonsumsi roti, cake, kue-kue, mie, pasta atau makanan lainnya yang terbuat dari tepung terigu? Hati-hati, lantaran makanan tersebut dibentuk dari terigu yang mengandung zat reaktif berjulukan gluten. Apa itu gluten? Gluten merupakan satu protein yang menyerupai dengan lem, dimana fungsinya yakni menyatukan bulir-bulir gandum atau padi-padian tertentu. Gluten sangat berbahaya lantaran sanggup menempel di dinding usus menyerupai lem. Seseorang yang mengalami sensitivitas gluten umumnya akan mengalami beberapa gejala, antara lain : perut kembung, perut begah, pilek, sakit kepala, asma, eksem, nyeri otot, gangguan pencernaan serius, serta masih banyak yang lainnya. Jika kondisi tersebut tidak segera diatasi, maka akan sebabkan menurunnya sistem kekebalan tubuh, diare, penurunan berat badan, sampai beberapa gangguan kesehatan serius, menyerupai : autisme, ADHD, lupus. Lalu bagaimana solusinya? Tentu saja harus mengganti tepung terigu dengan tepung yang non gluten. Disini kita akan membagikan beberapa jenis tepung pengganti tepung terigu yang lebih sehat.

Tepung Sehat Pengganti Tepung Terigu

Jika Anda termasuk yang sensitive terhadap gluten, ada baiknya mengganti tepung terigu dnegan beberapa tepung sehat, berikut ini :

Soy Flour (tepung kedelai putih)

Tepung kedelai putih termasuk alternative tepung sehat pengganti terigu, lantaran bebas gluten dan tinggi protein. Meski mempunyai tekstur agak berangasan dari tepung terigu, namun tepung kedelai ini sangat cocok untuk materi kue, cake dan bermacam-macam cemilan lainnya.

Tepung Almond

Tepung almond terbuat dari almond manis, baik yang sudah dikupas maupun masih berkulit ari. Tepung almond mempunyai bulir-bulir yang agak kasar, meski begitu kandungan proteinnya sangat tinggi. Selain itu, tepung almond juga mengandung banyak nutrisi, dari mulai asam lemak omega6 da vitamin E yang sangat anggun untuk kesehatan kulit.

Tepung Oat

Tepung oat dibentuk dari biji oatmeal, sehingga tepung ini mengandung nutrisi tinggi, menyerupai protein dan lemak sehat namun rendah karbohidrat. Tepung oat mempunyai tekstur yang berangasan dan tebal namun mempunyai rasa manis alami sehingga snagat cocok untuk materi kue, dessert dan pasta.

Tepung beras merah

Tepung ini terbuat dari beras merah dan teksturnya hampir menyerupai dengan tepung terigu. Kelebihan dari tepung ini yakni mengandung banyak serat, vitamin B, zat besi, mangan, dan rendah kalori.

Tepung kelapa

Tepung kelapa ini dibentuk dari materi ampas kelapa yang digiling kemudian dikeringkan. Dibandingkan tepung terigu, tepung kelapa jauh lebih sehat lantaran mengandung serat, protein dan karbohidrat yang gampang dicerna tubuh. Keistimewaan lainnya yakni tepung kelapa mempunyai indeks glikemik rendah sehingga tidak berisiko menaikkan kadar gula darah.
Semoga warta yang berjudul Ini Dia 5 Pengganti Tepung Terigu yang Sehat dan Bergizi diatas sanggup bermanfaat bagi kita semua.

Source : Petanitop, Shape

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini Beliau 5 Pengganti Tepung Terigu Yang Sehat Dan Bergizi"

Posting Komentar