Tips Dan Cara Memasak Beras Ketan Yang Punel Dan Gurih

cara masak ketan pulen dan gurih/royco.co.id

1.    Pilih beras ketan yang berkualitas

Pilih beras ketan dengan bulir panjang dan aromanya harum. Perhatikan warna ketan yang anggun yaitu putih susu, alasannya yaitu jikalau warnanya transparan, dapat jadi ketan sudah dicampur dengan beras.  Ini 6 Cara Masak Enak dan Sehat Meski Tanpa Garam

2.    Rendam ketan sebelum di masak

Agar ketan lebih cepat empuk dan punel ketika dimasak, Anda dapat merendamnya lebih dulu selama 30 sampai 2 jam lamanya sebelum dimasak. Selain merendam dengan air biasa, Anda juga dapat merendam ketan dengan air kelapa loh biar rasanya agak manis dan gurih.

3.    Kukus ketan tanpa diaron

Berbeda dengan beras, ketan tidak perlu diaron tapi pribadi dikukus sehabis direndam. Setelah dikukus selama kurang lebih 20 menit, Anda dapat memasukkan ketan ke dalam santan yang sudah direbus sampai mendidih (tapi tidak dimasak). Aduk-aduk ketan bersama santan, kemudian tutup sampai santan meresap.

4.    Kukus kembali ketan sampai matang

Setelah proses pencampuran dengan santan, Anda dapat mengukus kembali ketan sampai matang dan punel.

5.    Masak dengan magic com

Jika Anda tidak ingi ribet, Anda dapat memanfaatkan magic com untuk masak ketan. Adapun caranya yaitu dengan mencampur ketan dengan santan dengan ukuran 2:1 untuk santan. Jangan lupa tambahkan garam secukupnya biar ketan makin gurih.

6.    Menyimpan ketan

Ketan yang sudha matang harus disimpan di daerah yang tertutup menyerupai magic com atau termos, alasannya yaitu daerah terbuka akan menciptakan ketan menjadi keras dan kering sehingga tidak menarik lagi untuk dinikmati.

7.    Membumbui ketan

Setelah proses pengukusan selesai, Anda dapat membumbui ketan sesuai selera, mislanya : menambahkan ayam suwir untuk lemper, menambahkan bubuk kedelai dan kelapa, dan lain sebagainya.
Setelah membaca tips dan trik memasak ketan yang lezat dan punel diatas, tentunya Anda tidak perlu cemas lagi jikalau ingin mengolah beras ketan, bukan? Selamat mencoba!

Tags : cara memasak beras ketan dengan magic com, cara memasak ketan susu, cara membuat ketan putih tabur kelapa, cara membuat ketan serundeng, cara memasak ketan durian, cara memasak ketan hitam, cara memasak beras ketan hitam, resep beras ketan putih kukus

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Dan Cara Memasak Beras Ketan Yang Punel Dan Gurih"

Posting Komentar